RSS

KARTU JARINGAN

Kali ini, kita akan belajar bersama mengenai Kartu Jaringan :) YUK SEMANGAT!


Kartu jaringan ( Network interface card atau NIC ) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.


Kebanyakan kartu jaringan berupa sebuah internal card, yaitu kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi di dalal komputer.


Kartu jaringan ada di dalam komputer client dan komputer server agar dapat di jalankan dalam 


jaringan. Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu:

1. Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer.

2. Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik .





JENIS-JENIS KARTU JARINGAN

1. PCI ADAPTER (Peripheral Component Interconnect)

Gb. 1 PCI ADAPTER

         adalah bus yang pada awalnya didesign untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang dipakai dalam system komputer IBM. Dari jenis adapter jaringan ada dua macam pemakaian yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Masih banyak dipakai sampai sekarang ini untuk komputer desktop yang mempunyai slot PCI tentunya.

2. USB ADAPTER 

Gb. 2 USB ADAPTER

      USB (Universal Serial Bus) adalah standard Bus serial yang mempunyai design asimmetris dan di design sebagai slot yang sangat praktis untuk menghilangkan perlunya tambahan slot PCI pada komputer. USB mempunyai kemampuan PnP (Plug and Play – pasang dan mainkan) sehingga saat dipasang di komputer tidak memerlukan suatu reboot komputer. Kartu jaringan wireless USB, yang banyak dipakai karena sifatnya yang praktis dan banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless. Tidak ada kartu jaringan LAN yang memakai slot USB kecuali yang dari jenis wireless.

3. CARDBUS/PCMCIA

Gb. 3 CARDBUS/PCMCIA

     Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA yang dipakai pada slot Cardbus atau PCMCIA dari notebook. Kartu jaringan dari jenis Cardbus ini lebih banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless juga, walaupun pada awalnya banyak diproduksi adapter LAN dengan speed 10 Mbps di era laptop jaman dulu yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard, sekarang sudah tidak ada lagi dipasaran untuk Cardbus kartu LAN 10 Mbps. Sekarang kartu jaringan Cardbus banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless baik dari standard 802.11b/g/n.

4. EXPRESS CARD

Gb. 4 EXPRESS CARD

     Kartu jaringan dari jenis ExpressCard adalah jenis baru yang mulai banyak diadopsi oleh notebook belakangan ini mulai akhir tahun 2006-an. Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth yang sangat dramatis dibanding technology Cardbus.

5. PCI EXPRESS USB 3.0 ADAPTER
Gb. 5 PCI EXPRESS USB 3.0 ADAPTER


     Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfa’atkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed. Lihat juga mengenal lebih dekat USB 3.0.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar